Selasa, 13 November 2012

Mobil Hybrid dan Keunggulannya


Mobil Hybrid, perkembangan teknologi memang terus berjalan dan mungkin tidak akan pernah menemui titik jenuh, begitu pula dengan perkembangan dunia otomotif yang semakin hari semakin canggih, salah satunya pengembangan teknologi mesin dengan mengupayakan mesin tangguh dan mempunyai performa tinggi terutama dalam hal akselerasi, kecepatan kendaraan dan yang paling penting adalah teknologi ramah lingkungan mengingat bumi yang kita tinggali ini semakin hari semakin tua dan memprihatinkan.

Untuk mendapatkan kualitas mesin yang prima telah dilakukan riset mesin mobil oleh produsen2 otomotif di dunia mulai dari teknologi berkatup majemuk, injeksi hingga yang sedang trend sekarang ini adalah teknologi hybrid atau teknologi campuran yang menggunakan beberapa sumber daya untuk menggerakkan kendaraan, salah satunya menggunakan penggerak bbm dan mesin listrik yang diklaim lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi pembakaran yang lebih baik, kendaraan dengan teknologi perpaduan listrik ini dinamakan kendaraan listrik hybrid yang dalam bahasa inggris disebut dengan singkatan HEV(hybrid electric vehicle) di indonesia biasa disebut dengan mobil hybrid.

Mobil hibrida ini adalah kendaraan yang menggunakan gabungan teknologi mobil listrik dengan mobil pembakaran dalam layaknya mobil konvensional yang bertujuan untuk menghasilkan mobil dengan performa lebih tangguh dari pada mobil dengan mesin berbahan bakar biasa dan juga ramah lingkungan sebab emisi buangan mobil ini lebih ramah lingkungan. Salah satu mobil hybrid yang terkenal di dunia adalah Toyota Prius dan Honda CR-Z.
Berikut ini Keunggulan Mobil Hybrid dibandingkan mobil konvensional :
1. Hemat BBM karena menggunakan teknologi gabungan pembakaran dan listrik sebab kapasitas mesin lebih kecil namun bisa menghasilkan tenaga yang setara dengan mobil konvensional berkapasitas besar.
2. Lebih ramah lingkungan, karena emisi buangan lebih kecil malah diklaim emisi dari mobil hybrid tertentu bisa mencapai angka nol.
3. Dengan kapasitas kecil tenaga yang dihasilkan mobil hybrid lebih besar atau setara dengan mobil konvensional berkapasitas lebih besar.
Berikut Kekurangan Mobil Hybrid :
1. Karena teknologi yang digunakan lebih canggih maka harga mobil ini juga lebih mahal dibandingkan mobil konvensional.
2. Untuk di Indonesia fasilitas recharge mesin listrik belum begitu banyak, sebab mobil dengan teknologi hybrid ini belum begitu populer di Indonesia.
Keunggulan Mobil Hybrid VS Mobil Listrik
Saat ini dunia telah mencanangkan revolusi hijau dimana segala sesuatu yang  berpotensi menyebabkan polusi udara sebisa mungkin diubah. Seperti pada bidang otomotif, saat ini sudah ramai teknologi hybrid di terapkan di mobil keluaran terbaru. Sebenarnya apa manfaat dan kelebihan dari mobil hybrid tersebut? 

Keunggulan mobil hybrid dimana efisiensi konsumsi bahan bakar yang tinggi sehingga lebih irit bbm, ramah lingkungan karena emisi gas buang yang rendah, ketenangan yang baik, dan performa yang luar biasa serta kepuasan mengemudi adalah beberapa keuntungan dari mobil Hybrid tersebut. Mobil irit saat ini memjadi kebutuhan dengan semakin sedikitnya sumber tenaga yang tersedia.
Mobil hybrid merupakan penggabungan dari dua sistem yang bekerja pada mobil konvensional dan sistem yang bekerja pada mobil listrik. Mobil konvensional mengandalkan sumber tenaganya dari bahan bakar, seperti bensin, solar, atau gas untuk bergerak. Pemanfaatan mesin pembakaran internal, tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dimanfaatkan dan diubah menjadi gerakan, yang mampu menggerakkan mobil. Walaupun secara umum menunjukkan kinerja yang baik dengan harga yang murah, mobil konvensional mengeluarkan emisi gas buang yang tinggi dan menciptakan polusi yang banyak dan terus menghabiskan sumber daya alam.
Sedangkan mobil listrik tidak membutuhkan apapun dari pembakaran. Listrik diubah menjadi tenaga melalui motor listrik, untuk menggerakkan mobil. Sekalipun mobil bertenaga listrik ini ramah lingkungan, tidak bising dan memiliki akselerasi yang baik, dia membutuhkan pengisian dan infrastruktur yang tepat.
Dengan infrastruktur yang belum lengkap mobil listrik dirasa masih banyak mengalami kendala jika akan diproduksi secara massal. Hal ini membuat mobil bertenaga listrik menjadi tidak praktis.
Mobil hybrid menggunakan kombinasi dari mobil listrik dan mobil konvensional yang memanfaatkan pembakaran di mesin, dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua sumber daya tersebut disamping saling mengisi kekurangannya, hasilnya adalah efisiensi konsumsi bahan bakar dengan performa yang luar biasa bisa diperoleh.

Sumber :
source:http://duniabengkel.com/keunggulan-mobil-hybrid-vs-mobil-listrik.asp


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar