Jumat, 23 November 2012

Pertamina Foundation Siapkan Rp 2,5 Milyar untuk Beasiswa Sobat Bumi




Pertamina Foundation menyiapkan dana Rp 2,5 milyar untuk Program Beasiswa Sobat Bumi di tahun 2013. Dana sebesar itu diperuntukkan bagi 205 mahasiswa berprestasi yang memiliki kepedulian dan rekam jejak terhadap lingkungan.
Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali, di Jakarta, Jumat (23/11/2012), mengatakan, peminat Beasiswa Sobat Bumi terbilang besar. Pendaftar mencapai 4.620 mahasiswa. Dari jumlah itu, yang dinyatakan lolos administrasi dan layak untuk meneruskan tahapan wawancara sebanyak 410 mahasiswa.
Saat ini proses seleksi yang dimulai sejak September 2012 melalui pendaftaran di situs www.beasiswa-sobatbumi.com telah tuntas dilaksanakan di 16 perguruan tinggi negeri (PTN). Dalam seleksi tersebut terpilih 200 mahasiswa. Adapun di Universitas Cendrawasih, seleksi untuk mementukan lima mahasiswa penerima beasiswa selesai awal Desember 2012.
Ahmad mengatakan, Beasiswa Sobat Bumi bukan hanya memberikan fasilitas berupa pembiayaan studi dan biaya hidup. Penerima beasiswa ini juga dibiayai proyek kelompok yang bertemakan lingkungan dan pendidikan.
"Yang istimewa, para penerima Beasiswa Sobat Bumi akan diberikan pelatihan kepemimpinan dan secara otomatis tergabung dalam ikatan keluarga Pertamina Foundation Scholars yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," ujar Ahmad.
Lebih lanjut Ahmad mengatakan, para penerima beasiswa juga diberikan kesempatan untuk menjadi sukarelawan di setiap kegiatan yang dilakukan Pertamina Foundation. "Itulah sebabnya, para penerima beasiswa ini harus memiliki kriteria khusus selain nilai akademik," jelas Ahmad.
Dalam waktu dekat, para penerima beasiswa Sobat Bumi akan dipertemukan dalam kegiatan Gathering Pertamina Foundation Scholars yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 -15 Desember 2012 di kawasan Pertamina Geothermal Energy, Kamojang, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar