Jumat, 23 November 2012

Cara Cepat Download Video di Youtube

Cara Download Youtube. Banyak tips atau Cara Download Youtube tanpa software, namun kali ini saya mencoba berbagi tips ini dengan menggunakan Internet Download Manager (IDM). Jika anda sudah mempunyai software IDM ini maka hasilnya akan cepat lagi. Beda lagi sama 4shared, kita download disitu tanpa menggunakan software tidak ada masalah.

Tips kali ini mengenai Cara Cepat Download Video di Youtube menggunakan software internet download manager (IDM), jika anda belum mempunyai IDM silahkan untuk mendownload dulu. Jika anda sudah mendownload dan menginstallnya sekrang silahkan unutk meilhat langkah-langkahnya dibawah ini.

Bukalah situs youtube di www.youtube.com

Carilah video favorit anda dengan mengetikkan kata kunci yang anda maksud, lalu tekan tombol search. Misalnya, kita masukkan kata kunci: efek rumah kaca, maka akan ditampilkan semua video klip yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Lalu kita pilih salah satunya.

Apabila Internet Download Manager sudah terinstall dengan baik pada komputer kita, beberapa saat setelah kita membuka halaman tersebut, maka akan muncul tombol Download this video pada bagian kanan atas frame video tersebut. Anda bisa melihat seperti gambar dibawah ini yang diberi garis warna merah.



Lalu klik tombol tersebut, sehingga akan muncul kotak konfirmasi untuk menyimpan file yang akan kita download tersebut.


Klik tombol Start download dan tunggu hingga prosesnya selesai.


Setelah proses itu selesai, kita bisa memutar video klip tersebut dengan lancar di komputer kita.

Catatan:
Video klip Efek Rumah Kaca diatas hanya digunakan untuk contoh, bukan dengan maksud untuk merekomendasi download video klip tersebut.

Bagaimana menurut anda, mudah dan cepatkan Cara Download Youtube diatas. 


Sumber:
http://www.penchenk.com/2011/11/cara-cepat-download-video-di-youtube.html

Gemscool - Game Portal Pertama di Indonesia


Gemscool adalah salah situs penyedia pacth game online dengan berbagai kategori, Gemscoolsendiri ini juga penyedia game point blank. Kalau anda ingin mengisi voucher anda bisa masuk ke situs ini. Bukan hanya point blank saja yang ada disitu melainkan game menarik lainnya yakni yulgang, freestyle, atlantica, lost saga, mako, apocalyps dan KartRider game yang baru saja dilaunching pada beberapa minggu lalu.

Mungkin bagi yang belum mengetahui game dari Gemscool ini anda bisa melihat lebih detail lagi dibawaah ini, saya akan membahas game dari Gemscool satu persatu.



Point Blank: Point Blank adalah game online yang mengusung genre FPS (First Person Shooter). Anda dapat berperang dengan seluruh orang di Indonesia, mengumpulkan experience dan naik level.

Mode game yang variatif dan unik
Mode permainan Point Blank udah ngelotok banget di otak Anda, ada Bomb Mission, Death Match, Annihilation dan yang unik, Destroy Mission 

Grafis di Point Blank seperti real, mendekati kenyataan, membuat diri Anda merasa tertelan di medan perang yang sebenarnya.

Peta destruktif, manfaatkan demi keuntungan perang
Efek fisik untuk beberapa objek pun bisa dimanfaatkan sebagai keuntungan perang seperti kaca pecah, damage akibat ledakan dan lain sebagainya. 

Ketika join ke klan, darimana Anda mengukur kemampuan? Di sini, system pemeringkatan bisa diketahui. Nama Anda akan tersimpan di database, sehingga siapa pun yang berhadapan dengan Anda, bisa "jiper" duluan.

Misi yang selalu menarik
PB mengenal misi yang "diselipkan" di setiap ronde permainan. System ini akan memberi keuntungan pribadi untuk Anda. 

Yulgang: Di dalam dunia tidak ada perbedaan ras. Pemain pada saat pemilihan karakter hanya ada perbedaan pada job yang akan dipilihnya. Namun setelah mencapai level 35, pemain harus memilih antara mengikuti aliran putih atau aliran hitam. Aliran yang dipilih akan mempengaruhi jurus-jurus yang akan dipelajarinya nanti pada saat promosi ke grade yang lebih tinggi serta tampilan karakter tersebut. Karakter dengan job yang sama tapi berbeda aliran akan memakai baju serta perlengkapan yang berbeda juga. Pemilihan aliran juga akan mempengaruhi partai yang akan dimasuki oleh pemain. Pemain berbeda aliran dapat saling membunuh (PK) pada map-map tertentu. Bahkan ada quest dimana pemain diharuskan membunuh pemain dari aliran musuh.

Partai
Guild di dalam Yulgang disebut dengan Partai, sesuai dengan latar belakang dunia persilatan. Pemain dapat mulai mendirikan partai setelah mencapai level 35 bersamaan dengan waktunya pemain harus memilih aliran yang ingin diikutinya. Partai di dalam Yulgang tidak hanya terdiri dari partai saja karena sebuah partai terdiri atas beberapa kelompok di dalamnya yaitu : Mun, Pa, Wang, SeGa, Chun, Ryong dan Jang. Ini yang membuat sistem guild di dalam Yulgang berbeda dengan sistem guild pada umumnya. 

Baju Partai
Fitur baru yang memberikan keunikan pada guild di dalam sebuah game. Umumnya di dalam sebuah game saat mendirikan sebuah guild, kita hanya terbatas untuk membuat logo khusus untuk guild. Namun di dalam Yulgang selain membuat simbol partai, sebuah partai dapat membuat bajunya sendiri dengan simbol serta warna yang dipilih sendiri oleh pemain. Baju partai yang dibuat juga bukan hanya sebuah ciri khas sebuah guild saja, tetapi baju partai juga dapat diupgrade seperti baju lainnya. 

Sistem Guru Murid
Biasanya bila kita baru bermain suatu game, kita tidak memiliki modal apapun di dalam game. Bila kita mempunyai teman kita bisa mendapatkan pinjaman uang atau item. Namun di dalam Yulgang kita bisa mendapatkan lebih! Di dalam Yulgang Online seseorang bisa menjadi guru atau murid dimana seorang guru bisa memiliki 3 murid dengan syarat harus minimal 20 level diatas muridnya. Bila kita minta dijadikan murid oleh seseorang, orang tersebut dapat mewariskan jurus yang dimilikinya pada kita. Bayangkan saja, kita bisa mendapatkan jurus (skill) yang harusnya puluhan level diatas level kita. Dan bukan hanya 1 jurus saja yang bisa diwariskan! Seorang guru bisa mewariskan sampai dengan 3 jurus kepada muridnya! Keuntungan juga tidak hanya untuk murid saja. Kenapa? Karena sang guru juga akan mendapatkan DEV seiring dengan kenaikan level muridnya dan item khusus bila muridnya menyelesaikan quest-quest tertentu. Menarik bukan ?!?! 

Emotion (bukan emoticon)
Ini adalah salah satu fitur unik yang terdapat di Yulgang yaitu emotion dan bukan emoticon. Kita dapat mengekspresikan berbagai macam emosi bukan dengan cara umum menggunakan emoticon namun dengan ekspresi sungguhan yang diterapkan karakter kita. Raut muka karakter kita dapat menangis, tersenyum, marah dan banyak lagi. Jenis-jenis emotion sangat banyak dan dapat diperoleh dengan cara membeli dari NPC. 

Honor & Karma
Pemain saat berpetualang di dunia Yulgang akan memiliki honor dan karma. Seseorang akan mendapatkan Honor dengan menyelesaikan quest tertentu, memenangkan perang atau membunuh pemain dari aliran musuh. Pemain akan mendapatkan karma bila membunuh pemain dari aliran yang sama. Honor akan berguna untuk melakukan beberapa hal di dalam Yulgang sedangkan karma akan mempengaruhi pemain saat berinteraksi dengan NPC. NPC bisa menaikkan harga beberapa item atau paling parahnya NPC tidak akan melayani pemain sama sekali bila pemain tersebut mempunyai karma yang buruk.



o    Karma level 1, harga NPC +30%, dan biaya gudang +100%.
o    Karma level 2, harga NPC +50%, dan biaya gudang +400%.
o    Karma level 3, harga NPC +100%, dan biaya gudang +800%..
o    Karma level 4, tidak bisa menggunakan Toko NPC dan gudang.

War
Yulgang memiliki 5 mode untuk melakukan War yang sangat seru untuk diikuti yaitu :



o    Perang Partai : Perang antara 2 partai dengan persetujuan kedua ketua partai
o    Perang Aliran : Perang antara kedua kubu terbesar di dunia persilatan. Semua pendekar dari aliran putih dan aliran hitam akan berperang disini. Pihak yang memenangkan pihak aliran akan mendapatkan kesempatan untuk melawan monster special yang akan memberikan special drop item.
o    Perang Wilayah : Perang untuk menguasai wilayah tertentu yang dikuasai oleh NPC. Kubu pemenang akan menguasai wilayah tersebut dan akan mendapatkan pajak dari wilayah tersebut.
o    Perang Istana : Perang untuk menguasai istana yang pada perang pertama kali akan dijaga oleh NPC. Pemenang akan mendapatkan pajak serta skill spesial dari istana.
o    Perang Tahta/Aliansi : Perang untuk menyatukan aliran yang diikuti. Partai atau aliansi yang mengikuti perang tahta akan menjadi penguasa tertinggi aliran yang diikutinya.

Kalau untuk game yang lainnya yakni freestyle, lost saga, mako dan apocalyps saya belum mengetahui jelas karena saya belum pernah memainkannya. Mungkin nanti kalau sudah maen pasti saya meng update artikel ini.

Dulu sebelum maen yulgang saya terlebih dahulu maen point blank namun sudah tidak asyik lagi, karena banyak cheater yang berkeliaran di point blank jadi males dan lari ke yulgang. Mungkin sampai disini dulu untuk bahasan mengenai Gemscool, semoga bermanfaat bagi anda, jangan lupa ikuti terus berita terkini mengenai game online karena bahasannya akan lebih seru dari Gemscool.

Sumber:

Pertamina Foundation Siapkan Rp 2,5 Milyar untuk Beasiswa Sobat Bumi




Pertamina Foundation menyiapkan dana Rp 2,5 milyar untuk Program Beasiswa Sobat Bumi di tahun 2013. Dana sebesar itu diperuntukkan bagi 205 mahasiswa berprestasi yang memiliki kepedulian dan rekam jejak terhadap lingkungan.
Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali, di Jakarta, Jumat (23/11/2012), mengatakan, peminat Beasiswa Sobat Bumi terbilang besar. Pendaftar mencapai 4.620 mahasiswa. Dari jumlah itu, yang dinyatakan lolos administrasi dan layak untuk meneruskan tahapan wawancara sebanyak 410 mahasiswa.
Saat ini proses seleksi yang dimulai sejak September 2012 melalui pendaftaran di situs www.beasiswa-sobatbumi.com telah tuntas dilaksanakan di 16 perguruan tinggi negeri (PTN). Dalam seleksi tersebut terpilih 200 mahasiswa. Adapun di Universitas Cendrawasih, seleksi untuk mementukan lima mahasiswa penerima beasiswa selesai awal Desember 2012.
Ahmad mengatakan, Beasiswa Sobat Bumi bukan hanya memberikan fasilitas berupa pembiayaan studi dan biaya hidup. Penerima beasiswa ini juga dibiayai proyek kelompok yang bertemakan lingkungan dan pendidikan.
"Yang istimewa, para penerima Beasiswa Sobat Bumi akan diberikan pelatihan kepemimpinan dan secara otomatis tergabung dalam ikatan keluarga Pertamina Foundation Scholars yang tersebar dari Sabang sampai Merauke," ujar Ahmad.
Lebih lanjut Ahmad mengatakan, para penerima beasiswa juga diberikan kesempatan untuk menjadi sukarelawan di setiap kegiatan yang dilakukan Pertamina Foundation. "Itulah sebabnya, para penerima beasiswa ini harus memiliki kriteria khusus selain nilai akademik," jelas Ahmad.
Dalam waktu dekat, para penerima beasiswa Sobat Bumi akan dipertemukan dalam kegiatan Gathering Pertamina Foundation Scholars yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 -15 Desember 2012 di kawasan Pertamina Geothermal Energy, Kamojang, Jawa Barat.

Menara Jakarta


Di area Bandar Baru Kemayoran akan di bangung sebuah tower atau menara, namun kali ini bukan menara biasa melainkan menara yng akan menjadi menara tertinggi di DUNIA. Proyek besar ini telah di rencanakan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yaitu digagas sejak tahun 1995. Awalny Menara Jakarta ini akan dibangun di area Kuningan, namun Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja waktu itu, tidak menyetujuinya dan mengusulkan untuk membangunnya di daerah Kemayoran.
Menara Jakarta
Menara Jakarta ini di putuskan akan setinggi 558 meter dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2012 nanti. Otomatis menara ini akan menjadi menara tertinggi di dunia. 
Perusahaan-perusahaan desain arsitektur kaliber internasional diundang berpartisipasi dalam sebuah sayembara desain arsitektur untuk pembuatan menara jakarta ini. Ketentuan sayembara tersebut adalah bahwa gedung tersebut harus mengandung lambang Trilogi Pembangunan, Pancasila, dan 17 Agustus (hari kemerdekaan Republik Indonesia).
Menara Jakarta
Fasilitas Menara Jakarta rencananya akan dilengkapi dengan tempat parkir seluas 144.000 meter persegi, Gedung podium setinggi 17 lantai. Lift yang mencapai puncak menara, Restoran berputar, Mal besar, Kafe, Taman hiburan, Museum sejarah Indonesia, Hotel, Ruang serba guna/konferensi yang bisa menampung sepuluh ribu pengunjung. Ruang-ruang perkantoran seluas 8.000 meter persegi, Pusat pameran, Pusat pendidikan dan pelatihan, Pusat multimedia disertai pemancar siaran radio dan televisi, Pusat perdagangan dan bisnis, dan Pusat olah raga.
Diperkirakan, sebanyak 4-6 juta pengunjung setiap tahunnya akan mengunjungi Menara Jakarta. Fakta Lainnya yaitu jika menara jakarta ini selesai dikerjakan tahun 2012, dengan ketinggian 558 meter, menara jakarta akan menjadi bangunan menara (bukan gedung) tertinggi di dunia, mengalahkan ketinggian menara atau gedung yang pernah ada. Seperti: Canadian National Tower (553 meter), Toronto, Kanada, Menara Ostankino (540 meter), Moskwa, Rusia, Oriental Pearl Tower (468 meter), Shanghai, China, dan Menara Kembar Petronas (452 meter), Kuala Lumpur, Malaysia
Setelah melewati seluruh masa pembangunannya, Menara Jakarta akan menjadi gedung tertinggi di belahan bumi bagian selatan. Rekor ini saat ini dipegang oleh gedung residensial Q1 dengan ketinggian 344 meter yang terletak di Surfers Paradise, Gold Coast, Australia. Sebagai pembanding, tinggi Tugu Monas Jakarta hanya 137 meter. Dengan demikian, Menara Jakarta akan memiliki tinggi sekitar 4 kali tinggi Tugu Monas.

Sumber:
http://www.mentari.biz/menara-jakarta.html

Minggu, 18 November 2012

E-paper Plastik Fleksibel Pertama di Dunia dari LG



E-paper Plastik Fleksibel Pertama di Dunia akhirnya diluncurkan dan akan diproduksi secara masal. LG sebagai perusahaan besar pembuat display elektronik, meluncurkan produk e-paper plastik fleksibel pertama yang akan diproduksi secara masal, rencananya plastic electronic paper display (EPD) ini akan digunakan pada perangkat Elektronik Book (E-Book). Dengan spesifikasi XGA 6 inch, resolusi 1024x768, e-ink, E-paper plastik atau EPD ini diharapkan akan merevolusi pasar E-book menjadi lebih canggih dalam fungsi dan desainnya.
E-paper Plastik Fleksibel LG
E-paper Plastik Fleksibel LG


E-paper Plastik Fleksibel Pertama dari LG ini akan menghadirkan sensasi membaca display elektronik seperti membaca kertas tipis. EPD ini berukuran 0,7 mm atau 1/3 lebih tipis dari EPD berbahan kaca, atau kira-kira setebal plastik pelindung display handphone.
Untuk ketersediaan E-paper Plastik LG ini secara masal pertama kali akan disuplai ke perusahaan ODM di China baru kemudian disebarkan ke Eropa dan Amerika pada bulan depan, untuk Indonesia sendiri kemungkinan akan mengikutinya sekitar satu atau dua bulan kedepan.

Sumber :
http://beritapopulerz.blogspot.com/search/label/Teknologi

PC 3D Tanpa Kacamata dari Fujitsu, Pertama di Dunia



Layanan TI raksasa Jepang Fujitsu, memperkenalkan produk yang disebut sebagai komputer desktop pertama di dunia dengan tampilan yang memungkinkan para pengguna untuk melihat gambar-gambar 3D tanpa menggunakan kacamata khusus.

PC 3D Tanpa Kaca
PC desktop Esprimo FH99/CM, yang masuk dalam daftar seri komputer FMV, liquid crystal display atau LCDnya dilapisi dengan papan atau panel konversi yang memungkinkan para pengguna untuk melihat gambar-gambar tiga dimensi pada layar.
Perusahaan tersebut rencananya akan meluncurkan PC 3D pada tanggal 25 Februari di Jepang, dan mempertimbangkan kemudian mengenai peluncuran di luar Jepang.
Fujitsu sudah meluncurkan komputer desktop 3D yang membutuhkan penggunaan kacamata khusus.
"Tanpa harus memakai kacamata, anda dapat menikmati menonton gambar-gambar 3D dengan teman-teman anda," tutur insinyur Fujitsu Toshiro Ohbitsu. "Anda dapat membagi kehebohan ini bersama keluarga." Demikian seperti yang dikutip dari Physorg (12/01/11).
Komputer tersebut memungkinkan para pengguna untuk merekam dan menonton televisi serta mengedit gambar-gambar.
Bulan lalu, Toshiba meluncurkan di Jepang sebuah produk yang disebut sebagai televisi pertama di dunia yang memperkenankan para penonton untuk melihat gambar-gambar 3D tanpa kacamata khusus, di tengah-tengah persaingan ketat pasar sebagai ketika teknologi tersebut mendapatkan momentum.
Banyak industri mengatakan bahwa permintaan televisi 3D tertahan karena ketidakmauan konsumen untuk memakai kacamata.

Sumber :


Selasa, 13 November 2012

Makna Baru Sumpah Pemuda


Jakarta, 84 tahun silam. Sekelompok pemuda terpelajar dengan latar organisasi kepemudaan beberapa daerah dan agama mengakhiri pertemuan mereka dengan menyatakan sebuah imaji tentang tanah air, bangsa, dan bahasa: Indonesia.
Ini penanda historis suatu masyarakat yang membayangkan diri sebagai satu komunitas politik tanpa menghitung-hitung keuntungan kelompok dan pribadi ke dalam satu semangat kedaulatan politik yang kita kenal sekarang sebagai Sumpah Pemuda.
Tak tersangkal, dalam rentang 84 tahun sejak Sumpah Pemuda diikrarkan, tentu banyak hal baru dalam hidup masyarakat Indone- sia sekarang. Dalam satu dekade berselang, kita telah melampaui periode otoritarianisme dan menikmati hidup politik demokratis dengan segala catatan.
Dengan memperhatikan segala perkembangan baru yang terjadi dalam lingkungan hidup kita, pertanyaan penting adalah bagai- mana kita memberikan makna historis terhadap peristiwa yang terjadi 84 tahun lalu yang sekaligus jadi pijakan normatif bagi hidup kita sekarang.
Konteks baru
Segala yang terjadi dalam hidup kita saat ini memberikan petunjuk bahwa tekad tentang tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu memerlukan makna baru atas situasi yang kita hadapi. Sejarah layak menjadi penerang masa depan, tetapi tidak untuk membebani kita dengan masa lalu.
Merayakannya dengan sekadar mengangkat simbol masa lalu dan menempatkannya sebagai kritisisme atas kehidupan masa kini hanya akan menempatkan kita pada bayangan romantisisme sejarah berhadapan dengan realitas kekinian yang memiliki tantangan lebih besar dan kompleks.
Perlu kita melihat masa lalu dan melihat apa yang kurang dan tak sesuai dengan cara serta metode hidup kita sekarang. Menu- rut pemikir Thomas Paine, satu generasi baru selayaknya mampu membebaskan diri dari ikatan mitos dan traktat-traktat kuno yang sudah tak relevan dengan kondisi dan suasana hidup gene- rasi itu. Setiap generasi baru harus mampu menciptakan cara dan metode baru dalam hidup mereka yang sesuai dengan kondisi zaman dibandingkan dengan sekadar mengutip dan mengikat diri pada apa yang pernah terjadi. Kita anak zaman kita.
Dengan meletakkan Sumpah Pemuda dalam pandangan seper- ti itu, banyak soal sudah pasti muncul berkait dengan serangkaian ironi zaman kita: hidup yang seperti berjalan terbalik dengan tekad yang dicetuskan tentang tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu itu. Hal-hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan kontemporer kita di Indonesia sekarang membuktikan hal ini.
Demokrasi yang kita alami sebagai bagian penting dari politik Indonesia pascareformasi hendaknya memberikan pelajaran bagaimana pandangan yang menekankan serangkaian perbedaan, baik asal-usul, agama, etnisitas, budaya, dan pengalaman sejarah sering kali jadi komoditas politik yang memungkinkan satu kelompok atau perseorangan dapat untung dari perbedaan itu.
Sebuah kisah yang belum lama terjadi dalam pemilihan gubernur Jakarta memberikan pelajaran bagaimana seseorang bisa dihakimi tak layak tampil sebagai pemimpin karena latar ras dan agamanya dianggap berbeda dengan mayoritas penduduk yang menghuni provinsi itu. Namun, kita patut bersyukur, kesadaran politik yang berkembang di lingkungan populasi Jakarta, mulai dari penghuni permukiman kumuh di bantaran kali sampai dengan para pekerja profesional di gedung perkantoran modern, menegaskan metode dan sikap para politisi dalam arah itu sebagai gaung tanpa suara yang tidak cukup layak diperhatikan.
Perkembangan lain dalam globalisasi dunia saat ini adalah terjadinya persinggungan langsung dunia antarbangsa yang seakan melipat jarak. Kenyataan yang kita hadapi saat ini adalah hu- bungan dan kerja sama yang sering timpang secara ekonomi, politik, budaya, dan sosial, termasuk secara militer. Padahal, seharusnya tak demikian. Mekanisme dan sistem yang saling berhubungan dan saling bekerja sama harusnya saling menguntungkan.
Hilangnya beberapa pulau di wilayah perbatasan terpencil di Indonesia menunjukkan konsekuensi hubungan dan kerja sama yang timpang itu. Kian terpinggirkannya petani kita karena lahan dikuasai korporasi besar memunculkan penderitaan petani.
Kebijakan impor yang dipuja- puja mematikan hidup petani kita. Tambang nasional dan aset ke- kayaan nasional semakin jauh dari pengelolaan oleh negara untuk kepentingan hajat hidup orang banyak. Ini semua tantang- an yang tak dapat kita hindarkan memperingati Sumpah Pemuda.
Sebagai bagian dari generasi yang hidup saat ini, tak ada kata yang layak disandingkan dengan tekad masa lalu: keadilan yang menjadi impian seluruh rakyat Indonesia. Kemakmuran dan kemajuan ekonomi Indonesia boleh jadi membanggakan kita. Namun, bila itu hanya dinikmati se- gelintir saja dari ratusan juta rakyat Indonesia dan hanya terpusat di salah satu tempat, tentu akan menciptakan masalah. Ketimpangan itu terang-benderang jadi akar sekian masalah yang mendera Indonesia saat ini.
Sekarang kita boleh kecut bila di suatu waktu dalam perjalanan di negeri asing, seseorang berta- nya: mengapa di negeri Anda an- tara satu tetangga berkelahi karena beda keyakinan dan latar suku? Mengapa jarak antara mereka yang menikmati kekayaan dan yang terjerembap dalam kemiskinan begitu timpang di negeri Anda?
Saatnya kita berharap mendengar pernyataan bahwa meski tak kaya raya dan menghasilkan produksi melimpah ruah, Indonesia adalah negeri yang adil dengan kualitas peradaban dan mentalitas kewargaan yang tinggi di dunia. Saatnya kita memasuk- kan wacana keadilan dalam memberi makna penting terhadap Sumpah Pemuda dan menegaskan sumpah baru bagi hidup kita sekarang di Indonesia.

Puti Guntur Soekarno Anggota DPR Fraksi PDI-P

Sumber :

MRT Tidak Semahal yang Dibayangkan


Proyek pembangunan moda transportasi massal berbasis rel Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta memiliki skema pendanaan yang berbeda dari pembangunan MRT di Singapura. Jika selama ini mega proyek ini dikatakan sangat mahal dan tidak efisien, Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Transportasi, Soetanto Soehodo, justru menilai sebaliknya. 



Menurut Soetanto, MRT Singapura dioperasikan dengan skema government project tanpa dana pinjaman atau hibah dari pihak mana pun. Pemerintah Singapura merencanakan pembangunan MRT mulai dari infrastruktur, pembelian rolling stock seperti gerbong dan kereta, sampai akhirnya menyerahkan operasional kepada operator. 

"Jadi agak berbeda dengan kita, pembangunan menggunakan uang mereka sendiri, tidak pakai pinjaman," kata Soetanto usai melakukan pertemuan di ruang rapat Wakil Gubernur DKI Jakarta, di kantor Balaikota DKI Jakarta, Sabtu, 3 November 2012.

Soetanto menilai, skema yang dijalankan Singapura dengan sistem multi produk cukup mereportkan dari segi integrasikan sistem yang berbeda-beda. "Repot. tapi dia (MRT Singapura) bisa 
"Jadi agak berbeda dengan kita, pembangunan menggunakan uang mereka sendiri, tidak pakai pinjaman," kata Soetanto usai melakukan pertemuan di ruang rapat Wakil Gubernur DKI Jakarta, di kantor Balaikota DKI Jakarta, Sabtu, 3 November 2012.
Soetanto menilai, skema yang dijalankan Singapura dengan sistem multi produk cukup mereportkan dari segi integrasikan sistem yang berbeda-beda. "Repot. tapi dia (MRT Singapura) bisa tuh melakukan sistem itu," ujarnya.

Khusus terkait nilai investasi MRT Jakarta senilai Rp1 triliun per kilometer (Km), Soetanto mengatakan angka itu justru jauh lebih murah dibandingkan Singapura. MRT di negeri tetangga itu diyakini menghabiskan dana 2-3 kali lipat dibandingkan Indonesia. 

"Harganya bervariasi. Tapi harga yang 
Khusus terkait nilai investasi MRT Jakarta senilai Rp1 triliun per kilometer (Km), Soetanto mengatakan angka itu justru jauh lebih murah dibandingkan Singapura. MRT di negeri tetangga itu diyakini menghabiskan dana 2-3 kali lipat dibandingkan Indonesia. 
"Harganya bervariasi. Tapi harga yang current tahun-tahun ini bahkan kalau saya tidak salah, itu hampir Rp2-3 triliun per kilometer. Jauh lebih mahal disana," katanya

Bagi Soetanto, masalah murah mahalnya investasi MRT tak cukup dengan melihat angkanya semata. Setiap pembangunan MRT harus melihat kesulitan pembangunan serta penerapa teknologi. "Teknologi kita belum tentu sama dengan Singapura," terangnya.
Bagi Soetanto, masalah murah mahalnya investasi MRT tak cukup dengan melihat angkanya semata. Setiap pembangunan MRT harus melihat kesulitan pembangunan serta penerapa teknologi. "Teknologi kita belum tentu sama dengan Singapura," terangnya.
"Kalau sudah ada yang pernah ke Singapura mungkin pernah lihat keretanya nggak ada supirnya. Kereta yang seperti itu sistem signalingnya mesti sempurna dan akurat. Beda, kalau kita ada drivernya. Teknologinya beda. Itu yang menyebabkan harganya jauh lebih mahal," ujarnya.
"Kalau sudah ada yang pernah ke Singapura mungkin pernah lihat keretanya nggak ada supirnya. Kereta yang seperti itu sistem signalingnya mesti sempurna dan akurat. Beda, kalau kita ada drivernya. Teknologinya beda. Itu yang menyebabkan harganya jauh lebih mahal," ujarnya.


Diakuinya, sistem teknologi yang digunakan MRT Singapura sudah sangat canggih. Maklum, negeri singa tersebut telah mengoperasikan moda transportasi massal itu sejak lebih dari 20 tahun lalu.
Kontoversi biaya MRT Jakarta dalam beberapa minggu terakhir ini seolah mendominasi berita tentang Jakarta di berbagai media nasional. Baik media cetak maupun online mengutip hasil kajian MTI mengenai biaya MRT per kilometer yang dipandang lebih mahal dibandingkan dengan biaya MRT sejenis di Asia dan Amerika Latin. Persoalan menjadi muncul pada saat ada keraguan dari berbagai pihak mengenai kredibilitas data tersebut dengan pertanyaan mengenai perbedaan data dasar, nilai biaya, karakteristik wilayah dan kondisi geografis, panjang jaringan, serta persentase bagian trase yang dibawah tanah atau underground.
Bagi MTI, kekhawatiran terbesar diskusi masalah harga ini adalah bahwa justru pembahasan akan terjebak pada mencari konsensus harga satuan yang tepat untuk MRT Jakarta. Pembahasan seharusnya diarahkan pada esensi tatakelola implementasi yang justru penting untuk mensukseskan proyek ini dan melindunginya dari “moral hazard”.
Namun demikian, untuk menjawab keinginan banyak pihak, baiklah saya akan mencoba menjelaskannya secara sederhana sehingga bisa dipahami lebih kontekstual. Saya sendiri telah menulis opini mengenai isu tata kelola, komunikasi publik, dan upaya meningkatkan kemanfaatan MRT dalam artikel di Majalah Tempo.

Sumber :

Mobil Hybrid dan Keunggulannya


Mobil Hybrid, perkembangan teknologi memang terus berjalan dan mungkin tidak akan pernah menemui titik jenuh, begitu pula dengan perkembangan dunia otomotif yang semakin hari semakin canggih, salah satunya pengembangan teknologi mesin dengan mengupayakan mesin tangguh dan mempunyai performa tinggi terutama dalam hal akselerasi, kecepatan kendaraan dan yang paling penting adalah teknologi ramah lingkungan mengingat bumi yang kita tinggali ini semakin hari semakin tua dan memprihatinkan.

Untuk mendapatkan kualitas mesin yang prima telah dilakukan riset mesin mobil oleh produsen2 otomotif di dunia mulai dari teknologi berkatup majemuk, injeksi hingga yang sedang trend sekarang ini adalah teknologi hybrid atau teknologi campuran yang menggunakan beberapa sumber daya untuk menggerakkan kendaraan, salah satunya menggunakan penggerak bbm dan mesin listrik yang diklaim lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi pembakaran yang lebih baik, kendaraan dengan teknologi perpaduan listrik ini dinamakan kendaraan listrik hybrid yang dalam bahasa inggris disebut dengan singkatan HEV(hybrid electric vehicle) di indonesia biasa disebut dengan mobil hybrid.

Mobil hibrida ini adalah kendaraan yang menggunakan gabungan teknologi mobil listrik dengan mobil pembakaran dalam layaknya mobil konvensional yang bertujuan untuk menghasilkan mobil dengan performa lebih tangguh dari pada mobil dengan mesin berbahan bakar biasa dan juga ramah lingkungan sebab emisi buangan mobil ini lebih ramah lingkungan. Salah satu mobil hybrid yang terkenal di dunia adalah Toyota Prius dan Honda CR-Z.
Berikut ini Keunggulan Mobil Hybrid dibandingkan mobil konvensional :
1. Hemat BBM karena menggunakan teknologi gabungan pembakaran dan listrik sebab kapasitas mesin lebih kecil namun bisa menghasilkan tenaga yang setara dengan mobil konvensional berkapasitas besar.
2. Lebih ramah lingkungan, karena emisi buangan lebih kecil malah diklaim emisi dari mobil hybrid tertentu bisa mencapai angka nol.
3. Dengan kapasitas kecil tenaga yang dihasilkan mobil hybrid lebih besar atau setara dengan mobil konvensional berkapasitas lebih besar.
Berikut Kekurangan Mobil Hybrid :
1. Karena teknologi yang digunakan lebih canggih maka harga mobil ini juga lebih mahal dibandingkan mobil konvensional.
2. Untuk di Indonesia fasilitas recharge mesin listrik belum begitu banyak, sebab mobil dengan teknologi hybrid ini belum begitu populer di Indonesia.
Keunggulan Mobil Hybrid VS Mobil Listrik
Saat ini dunia telah mencanangkan revolusi hijau dimana segala sesuatu yang  berpotensi menyebabkan polusi udara sebisa mungkin diubah. Seperti pada bidang otomotif, saat ini sudah ramai teknologi hybrid di terapkan di mobil keluaran terbaru. Sebenarnya apa manfaat dan kelebihan dari mobil hybrid tersebut? 

Keunggulan mobil hybrid dimana efisiensi konsumsi bahan bakar yang tinggi sehingga lebih irit bbm, ramah lingkungan karena emisi gas buang yang rendah, ketenangan yang baik, dan performa yang luar biasa serta kepuasan mengemudi adalah beberapa keuntungan dari mobil Hybrid tersebut. Mobil irit saat ini memjadi kebutuhan dengan semakin sedikitnya sumber tenaga yang tersedia.
Mobil hybrid merupakan penggabungan dari dua sistem yang bekerja pada mobil konvensional dan sistem yang bekerja pada mobil listrik. Mobil konvensional mengandalkan sumber tenaganya dari bahan bakar, seperti bensin, solar, atau gas untuk bergerak. Pemanfaatan mesin pembakaran internal, tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dimanfaatkan dan diubah menjadi gerakan, yang mampu menggerakkan mobil. Walaupun secara umum menunjukkan kinerja yang baik dengan harga yang murah, mobil konvensional mengeluarkan emisi gas buang yang tinggi dan menciptakan polusi yang banyak dan terus menghabiskan sumber daya alam.
Sedangkan mobil listrik tidak membutuhkan apapun dari pembakaran. Listrik diubah menjadi tenaga melalui motor listrik, untuk menggerakkan mobil. Sekalipun mobil bertenaga listrik ini ramah lingkungan, tidak bising dan memiliki akselerasi yang baik, dia membutuhkan pengisian dan infrastruktur yang tepat.
Dengan infrastruktur yang belum lengkap mobil listrik dirasa masih banyak mengalami kendala jika akan diproduksi secara massal. Hal ini membuat mobil bertenaga listrik menjadi tidak praktis.
Mobil hybrid menggunakan kombinasi dari mobil listrik dan mobil konvensional yang memanfaatkan pembakaran di mesin, dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua sumber daya tersebut disamping saling mengisi kekurangannya, hasilnya adalah efisiensi konsumsi bahan bakar dengan performa yang luar biasa bisa diperoleh.

Sumber :
source:http://duniabengkel.com/keunggulan-mobil-hybrid-vs-mobil-listrik.asp